Viralkan Saja

28/09/2023 2:46 pm

Polisi Tangkap 88 WN China Terkait Penipuan Bermodus Asmara

Polisi Daerah Kepri dan Divhubinter Polri serta Kementerian keamanan China ungkap kasus penipuan bermodus asmara
Polisi Daerah Kepri dan Divhubinter Polri serta Kementerian keamanan China ungkap kasus penipuan bermodus asmara (Foto: ANT)

Viralkansaja.com – Polisi Daerah Kepulauan Riau dan Divisi Hubungan Internasional Polri bekerja sama dengan Kementerian Keamanan China dalam mengungkap tindak pidana penipuan bermodus asmara (love scamming) di daerah Cammo Industrial Park, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kepri, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, menyatakan bahwa selama operasi ini, pihaknya berhasil menangkap 88 orang warga negara China.

“Kami berhasil membongkar jaringan internasional penyebaran kasus video scamming, di mana total 88 WN China telah kami amankan.” ujar Kombes Zahwani (29/8/2023).

Lebih lanjut, Pandra menjelaskan bahwa dari 88 orang yang ditahan, terdiri dari 83 laki-laki dan lima perempuan.

Modus operandi yang digunakan dalam kasus ini adalah dengan mengirimkan video seks atau video penipuan kepada korban, kemudian melakukan pemerasan melalui platform komunikasi daring.

Pandra mengungkapkan bahwa berdasarkan penyelidikan awal, para korban berasal dari China.

Meskipun begitu, pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan apakah ada warga negara Indonesia yang juga menjadi korban dalam kasus ini.

“Jika terdapat warga Indonesia yang terjerat dalam kasus ini, kami akan memberlakukan hukum yang berlaku di Indonesia. Namun, jika korban berasal dari negara lain, maka langkah selanjutnya akan berupa deportasi ke negara asal korban.” terang Zahwani.

“Kami sedang mengumpulkan barang bukti dan bukti-bukti lainnya, sambil bekerja sama dengan otoritas kepolisian Tiongkok untuk menangani para tersangka,” pungkas Zahwani. (ANT)

Follow Sosial Media Viralkansaja: InstagramTikTokYouTube